tragedi kecelakaan pesawat paling tragis


10. September 1, 1983:
Korea Airlines 007 atau yang kemudian dikenal dengan KAL007, ditembak jatuh oleh pesawat-pesawat tempur Uni Soviet setelah entah bagaimana caranya pesawat tersebut menyimpang dan memasuki wilayah udara Soviet. 269 Penumpang beserta seluruh awak pesawat tewas.


9. 21 Desember 1988:

270 orang total (termasuk 11 orang di darat) saat Pan Am 103 meledak di atas Lockerbie di Skotlandia pada pukul 19:02 GMT. Dua agen Libya dituduh memasang bom di pesawat (kemudian dikenal sebagai Pengeboman Lockerbie)satu diantara mereka dijatuhi hukuman 27 tahun sedangkan yang lainnya dibebaskan.



8. 25 Mei 1979:
Terkenal sebagai insiden pesawat yang terburuk di Amerika Serikat sampai September 11, 2001, insiden merenggut nyawa 273 orang. Tragedi dimulai ketika American Airlines 191 lepas landas dari Bandar Udara Internasional O'Hare di Chicago, ketika tiba-tiba sebuah mesin terlepas dari pesawat. Sebelum orang dapat sepenuhnya mengerti situasi, pesawat tersebut telah jatuh. Dengan seluruh bahan bakar di dalam tangki, pesawat tersebut meledak dalam bola api besar yang terlihat dari jarak bermil-mil dari lokasi kejadian, meluluh-lantakkan pesawat dan semua orang di di dalamnya.



7. 3 Juli 1988:
Iran Air 655 yang ditembak jatuh ketika terbang dari Selat Hormuz oleh Angkatan Laut Amerika Serikat USS Vincennes. Diduga, para Vincennes mengira pesawat sipil tersebut adalah pesawat militer musuh dan merekapun mulai meluncurkan rudalnya ke udara. Semua penumpang dan awak kapal IR655 terbunuh , totalnya 290 orang meninggal dunia, 66 di antaranya adalah anak-anak. Gambar berikut adalah perangko yang diterbitkan pemerintah Iran tidak lama setelah kejadian.


6. 19 Agustus 1980:
Sebuah pesawat Lockheed L-1011, atau Saudia 163, kembali mendarat di Bandara Internasional Riyadh setelah hanya enam menit terbang, hal tersebut terjadi karena adanya api di bagian belakang pesawat. Kapten memutuskan untuk perlahan-lahan mendaratkan kembali pesawat dengan amanlalu berhenti di landasan pacu beberapa menit setelah benar-benar mendarat. Evakuasi darurat tidak segera dilaksanakn untuk alasan masih belum diketahui dan mesin pesawat tidak juga dimatikan sampai beberapa menit setelahnya, hal tersebut mencegah pasukan penyelamat untuk bisa segera mendekati pesawat. Karena keterlambatan ini, seluruh penumpang yang berjumlah 301 orang mati terbakar dalam api yang seperti mengamuk melalui di dalam pesawat.



5. 23 Juni 1985:
Air India 182 terbang di atas Samudera Atlantik ketika sebuah bom yang diduga ditanam oleh seorang ekstremis Sikh meledak, membuat pesawat jatuh menghantam laut di bawahnya, menewaskan semua dari 329 penumpang pesawat itu, 280 di antaranya warga Kanada, sehingga menjadikannya sebagai pembunuhan massal terbesar dalam sejarah Kanada.


4. 3 Maret 1974:
Rancangan pintu kargo Turkish Airlines 981 menyebabkan pintu tersebut terlepas dari tempatnya. Hal ini memicu permasalahan kontrolpesawat, seperti misalnya kabel-kabel yang membentang di lantai pesawat seluruhnya terputus, membuat pilot tidak dapat mengendalikan pesawat mereka sendiri. Pesawat jatuh ke hutan dekat Ermenonville, dekat Bandara Internasional 'Orly (ya rly) Paris. Kejadian tersebut selanjutnya dikenal sebagai bencana udara Ermenonville . Pesawat tersebut jatuh di hutan dan merenggut nyawa ke 346 penumpang dan awaknya.

3. November 12, 1996:
Disebut sebagai tabrakan udara Dadri Charkhi dan juga sebagai tabrakan pesawat udara terburuk hingga hari ini, hal ini terjadi ketika sebuah pesawat Air Kazakhstan (Penerbangan 1907) bertabrakan dengan pesawat Saudi Arabian Airlines (Penerbangan 763) di atas desa Charkhi Dadri di India , membunuh semua orang di kedua pesawat, dengan total korban meninggal 349 orang. Pada akhirnya, kesalahan dikatakan beristirahat dengan pilot Kazakh dan ketidakmampuan untuk mengikuti instruksi.


2. 12 Agustus 1985:
Japan Airlines nomor penerbangan 123 mengalami kerusakan pada bagian dari ekor pesawat sesaat setelah lepas landas, hal itu menyebabkan pesawat menjadi tidak terkendali. Insiden ini disebabkan oleh kesalahan perbaikan sekat tekanan belakang yang rusak, yang telah terjadi 7 tahun yang lalu. kerusakan sekat tersebut kemudian memicu kerusakan sistem hidrolik yang diperlukan untuk mempertahankan kontrol pesawat tersebut. Kecelakaan tersebut menewaskan 520 orang, dan hanya menyisakan 4 orang selamat. Kecelakaan ini tercatat sebagai kecelakaan pesawat tunggal terburuk dalam sejarah.

1. 27 Maret 1977:
Kecelakaan terburuk dalam sejarah penerbangan terjadi ketika dua pesawat Boeing 747 yaitu pesawat Pan Am Nomor Penerbangan 1736 dan pesawat KLM nomor penerbangan 4805 bertabrakan di landasan pacu bandara Tenerife. Hal ini terjadi ketika pesawat KLM berjalan tanpa izin di satu-satunya landasan pacu bandara tersebut, pesawat tersebut kemudian bertabrakan langsung dengan pesawat Pam Am yang meluncur di sepanjang landasan pacu yang sama. Kondisi berkabut menyebabkan kesulitan untuk mempertahankan visual dari salah satu pesawat ditambah dengan berbagai instruksi radio yang membingungkan menyebabkan terjadinya kecelakaan ini. Kecelakaan ini mengakibatkan kematian 583 orang.




0 komentar:

Post a Comment